19 August 2017

Uniknya kampung nelayan di Penang

gambar chew jetty penang malaysia


Apakah Anda ingin melihat wisata yang unik di Penang Malaysia?. Dimana wisata yang bagus di Penang?.

Penang Malaysia merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Asia Tenggara karena di Penang banyak sekali tempat-tempat wisata menarik dan unik. Selain itu, di Penang juga banyak terdapat Rumah Sakit murah dan didukung dengan Dokter yang  profesional.
 
 Tidak heran jika banyak Orang dari Negara-Negara Asean berkunjung ke Penang untuk berobat dengan berkonsepkan wisata ( Medical Turism ). Bahkan, ada sebagian Orang datang dari Benua Eropa dan Amerika berkunjung ke Penang untuk wisata sambil berobat.

Penang Malaysia banyak memiliki tempat-tempat bersejarah dan bangunan-bangunan kuno yang masih terawat dengan baik sehingga mampu menarik minat wisatawan dari berbagai belahan Dunia.
 
 Salah satu tempat wisata yang populer di Penang ialah Kampung nelayan terapung Penang atau lebih di kenal dengan nama Chew Jetty Penang. Lokasi Kampung Nelayan terapun Penang berada di dekat Pelabuhan penyebrangan Ferry atau sekitar 8 KM dari pusat kota Penang yaitu George Town ( KOMTAR ).


Chew Jetty Penang atau Kampung Nelayan terapung Penang dahulu kala kawasan ini merupakan pemukiman pelarian/ pengungsi Orang-orang dari Tiongkok akibat terjadi nya Perang pada Abad ke-18. Para Pelarian ini kemudian mendirikan Rumah-rumah sederhana di pinggir Laut dengan menggunakan bahan dasar Kayu/Papan.
 
Mereka hidup turun temurun dikawasan Chew Jetty dan bekerja sebagai Nelayan. Setelah berpuluh-puluh Tahun lama nya, kawasan Kampung Nelayan ini sekarang sudah mengalami banyak perubahan dan taraf hidup Masyarakat dikawasan ini juga sudah meningkat seiring dengan pertumbuhan Ekonomi di Penang Malaysia.

Kampung Nelayan terapung di Penang sekarang sudah menjadi sebagai tempat wisata walaupun masih ada sebagian kecil Penduduk yang masih bertahan tinggal di lokasi ini.
 
Sebagian besar Penduduk dikawasan Kampung Nelayan yang awal mula nya Pelarian dari Tiongkok ini sekarang mereka telah bisa hidup lebih layak dan berpindah tempat ke lokasi lain.
 
Tempat Kampung Nelayan terapung Penang tersebut sudah dinobatkan sebagai Situs warisan Dunia ( World Heritage Site ) oleh UNESCO.


Bagaimana cara menuju Chew Jetty atau Kampung Nelayan terapung di Penang?.
Untuk menuju ke Lokasi Chew Jetty atau Kampung Nelayan terapung sangat mudah karena lokasi tersebut berada di kawasan yang strategis dekat dengan Terminal Bus Umum yaitu Terminal Jetty.
 
Jika Anda berangkat dari Pusat Kota Geoge Town atau KOMTAR silahkan naik Bus Umum Rapid Penang dengan jurusan Terminal Jetty. Banyak sekali Bus yang menuju ke arah terminal Jetty, Anda tidak perlu menghapalkan nomer Bus nya karena semua Bus Rapid Penang berapa pun itu nomer nya akan berhenti di tujuan akhir yaitu Terminal Jetty atau nama lain nya  ialah Pangkalan Weld.
 
Perjalanan Bus memakan waktu sekitar 15 Menit, harga tiket Bus sebesar RM 1.40 ( Satu Ringgit Empat puluh Sen ) per Orang.

Setelah sampai di Terminal Jetty, Anda hanya perlu berjalan menyusuri Jalan Raya sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi Kampung Nelayan tidak perlu naik kendaraan lagi. Lokasi nya sangat mudah ditemukan karena pintu masuk nya berada di pinggir Jalan Raya.
 
 Untuk masuk ke tempat wisata Kampung Nelayan terapung Penang tidak di pungut biaya ( Gratis ).

Jika Anda berangkat dari kawasan Rumah Sakit Lam Wah Ee Penang, silahkan naik Bus nomer 11 atau nomer 206 dan turun di Terminal Jetty. 
 
Perjalanan menggunakan Bus Umum dari kawasan RS Lam Wah Ee menuju Chew Jetty / Kampung Nelayan memakan waktu sekitar 30 Menit, harga Tiket Bus Rapid Penang RM 1.40 ( Satu Ringgit Empat puluh Sen ) per Orang. Selain menggunakan Bus Rapid Penang, Anda juga bisa menggunakan Taksi Online ( Grab dan Uber ).

Jika Anda berangkat dari kawasan RS Adventist, silahkan naik Bus Rapid Nomer 101 dan turun di Terminal Jetty / Pangkalan Weld.
 
 Perjalanan naik Bus Umum Rapid Penang dari kawasan RS Adventist menuju Chew Jetty / Kampung Nelayan memakan waktu sekitar 30 Menit, harga Tiket Bus Rapid Penang RM 2.50 ( Dua Ringgit Lima puluh Sen ) per Orang. Selain menggunakan Bus Rapid Penang, Anda juga bisa menggunakan Taksi Online ( Grab dan Uber ).









Nah, itulah gambaran sekilas mengenai Kampung Nelayan terapung di Penang Malaysia. Apabila Anda memerlukan informasi Hotel murah di Penang atau penginapan murah di Penang, silahkan membaca informasi selengkapnya melalui Link dibawah ini.