January 26, 2015

Berniaga.com resmi tutup

gambar berniaga.com resmi tutup
Sites web iklan baris Berniaga.com resmi ditutup pada Senin 26 januari 2015. Hal ini ditandai dengan pengalihan lalu lintas situs web Berniaga.com menuju situs OLX.co.id. Penutupan ini terjadi setelah investor Berniaga dan OLX sepakat untuk melakukan merger yang diumumkan pada November 2014. Naspers asal Afrika Selatan, selaku investor OLX, sepakat mendirikan perusahaan patungan dengan 701 Search yang tak lain adalah investor Berniaga. 701 Search merupakan gabungan antara perusahaan Schibsted (Norwegia), Telenor (Norwegia), dan Singapore Press Holdings (Singapura).

Di Indonesia, Naspers akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan patungan, sebesar 64 persen, sementara 701 Search sebesar 36 persen. Selain Indonesia, Naspers dan 701 Search juga akan menjalankan bisnis iklan baris online bersama di Brasil, Thailand, dan Bangladesh. Sebelumnya, sumber terpercaya telah mengatakan pada CNN Indonesia bahwa Berniaga bakal ditutup pada akhir Januari 2015.

Sumber itu juga mengatakan, OLX bakal merekrut sejumlah karyawan Berniaga melalui proses seleksi. Namun, ia tak menyebut berapa jumlah karyawan Berniaga yang pergi ke OLX. Ketika dikonfirmasi kepada juru bicara OLX, Ario Agung Sumantri, ia mengatakan tim OLX akan melakukan evaluasi, seleksi, dan menawarkan beberapa karyawan Berniaga sebagai kandidat untuk bekerja di OLX. "Dengan jumlah pengguna yang terus tumbuh dan berkembang, kami akan terus menyerap talenta terbaik untuk usaha patungan ini," katanya.

Untuk urusan iklan baris, di halaman FAQ terpampang informasi bahwa iklan di Berniaga yang dialihkan ke OLX hanyalah iklan yang terhitung aktif setelah 11 November 2014 dan memenuhi ketentuan umum OLX. Itu berarti, iklan-iklan sebelum tanggal 11 November 2014 bakal hilang bersamaan dengan penutupan situs Berniaga. Ario menyarankan para pengguna "memanfaatkan situs OLX.co.id untuk jual-beli barang second. Sekarang Berniaga.com sudah tutup"


Sumber: CNN Indonesia